Did you know? Bahaya Meniup Air!



Hujan melanda Surabaya akhir-akhir ini, walau hanya sekejap saja, namun dapat membasahi lingkungan yang kering dan hati yang panas.
tetes demi tetesnya gemercik, bersuara, membisingkan setiap kelopak telinga yang bermuram durja, hingga dia bangkit dan menggerakkan lagi misi-misinya...

Saat dingin itulah lebih nikmat kalau menikmati secangkir Teh atau Kopi panas, Untuk menghangatkan badan dan agar kobaran semangat tetap terasa :D


Dari Ibnu Abbas, "Sesungguhnya Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum." (HR. turmudzi no 1888 dan Abu Dawud no 3728, hadist ini dishahihkan oleh Al-Albani)

Secara Ilmiah hal itu memang dilarang untuk meniup minuman atau makanan yang panas, atau lebih lengkapnya minuman atau makanan berair.

cekidot penjelasan ilmiahnya:
air mempunyai rumus molekul H20, dan udara yang dikeluarkan dari proses pernafasan ialah CO2, jika minuman itu ditiup maka reaksi yang tejadi H20 + CO2 = H2CO3 (asam karbonat = asam lemah).
memang hanya asam lemah, namun jika terus menumpuk zat asam dalam tubuh hal tersebut sangat menganggu kesehatan.

Nah, gitu penjelasannya,

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu'anhu beliau mengatakan, "Ketika Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam minum beliau mengambil nafas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali", Dan beliau bersabda,"Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat.
Anas mengatakan, "Oleh karena itu ketika aku minum, aku bernafas tiga kali"(HR. bukhari no. 45631 dan Muslim no 2028)

ikuti aja, apa yang telah diajarkan, pasti selamat dunia dan akhirat!

Tapi biar barokah:

Dari Amr Bin Abi Salamah, Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang berada di dekatmu." (HR Thabrani dalam Mu'jam Kabir)
syaikh al-Albani mengatakan "sanad hadist ini shahih menurut persyaratan Imam Bukhari dan Muslim.
Wallahualam......

Sekian. Mohon maaf jika Ada kesalahan, harap kritik dan sarannya...
Terima kasih....
Selamat Belajar!
Tetap semangat cuy!!

0 Komentar