4 bulan telah berlalu





" Berapa lama kalian disini ? "
sebuah pertanyaan yang sering tertangkap oleh daun telinga ini dan meresap ke otak melalui serabut-serabut saraf yang diucapkan senior saat saat sidang (hehehe....)

4 bulan lebih terasa menjadi mahasiswa, dan tinggal di tempat yang penuh cerita perjuangan






Kota surabaya memberikan sebuah apresiasi tinggi pada kaum yang jauh dari kebudayaan yang tradisional, arus badai perubahan menerpa silih berganti, dan akupun tak tahu terbawa oleh arus itu atau tidak!!!!
sulit untuk menilai diri sendiri
tapi tentunya tradisional itu masih dipertahankan :D

Sebentar lagi waktunya berjuang untuk merangkai IP pertama,
hehehe...
dan kebudayaan tradisional yang masih melekat ialah sudah siapkah???

Terdapat dua kenikmatan yang sering terlupa oleh manusia,

Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya: kesehatan dan waktu luang." (HR. Bukhari, no: 5933)

Waste time!
itulah yang sering terlakukan,,,
entah karena malas, ngantuk, kurang kondusif, capek, ataupun kegiatan kaderisasi atau yang lainnya

Al-Jauhari rahimahullah: “Berdasarkan ini, kedua (makna itu) bisa dipakai di dalam hadits ini. Karena sesungguhnya orang yang tidak menggunakan kesehatan dan waktu luang di dalam apa yang seharusnya, dia telah tertipu, karena dia telah menjual keduanya dengan murah, dan fikirannya tentang hal itu tidaklah terpuji." (Fathul Bari)

Ath-Thayyibi rahimahullah berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam membuat gambaran bagi mukallaf (orang yang berakal dan dewasa) dengan seorang pedagang yang memiliki modal. Pedagang tersebut mencari keuntungan dengan keselamatan modalnya. Maka caranya dalam hal itu adalah dia memilih orang yang akan dia ajak berdagang, dia selalu menetapi kejujuran dan kecerdikan agar tidak merugi. Kesehatan dan waktu luang adalah modal, seharusnya dia (mukallaf) berdagang dengan Allah dengan keimanan, berjuang menundukkan hawa-nafsu dan usuh agama, agar dia mendapatkan keberuntungan kebaikan dunia dan akhirat. 
Hal ini seperti firman Allah: Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (Qs. As-Shaaf: 10) dan ayat-ayat berikutnya.

BELAJAR bisa dibilang bagian dari Ibadah, tapi ya tergantung dari niat :D
So..

AYO BELAJAR....
SKS BEST WAY (tradisional) !!!!















0 Komentar