Tersenyum




Dunia
, tempat bermukim, berjuang dan berkarya, di dalamnya terdapat sebuah keseimbangan dan keteraturan di antara roda-roda kehidupan yang sampai sekarang masih berputar dan mengukirkan gesekan - gesekan akan cerita. 
Cerita, di dalamnya tersimpan berjuta kenangan baik itu indah ataupun menyesakkan dada.
Indah, ya tak bisa dipungkiri setiap yang hidup menginginkan sebuah keindahan, bermacam daya serta upaya dilakukan untuk memperindah kehidupan, membuat nyaman akan hidup dan membuat orang lain  bangga dan tersenyum akan keberadaannya.
Tersenyum, sebuah kata yang enak tuk didengar, dilihat bahkan dirasakan.  
Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ
Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu“ (HR at-Tirmidzi (no. 1956), Ibnu Hibban (no. 474 dan 529) dll, dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, dan dinyatakan hasan oleh at-Tirmidzi dan syaikh al-Albani dalam “ash-Shahihah” no. 572).
Sebuah senyuman akan berharga di saat kapan pun, layaknya sedekah yang telah diungkapkan diatas.  Saat bahagia? akan terpancar bak air terjun yang turun dari atas bukit dimana gemercik airnya terasa mendinginkan setiap urat nadi yang berkerja.  Saat sedih? sama halnya obat saat sakit, diungkapkan dalam sebuah website, 10 manfaat dari senyum,

1. Senyum mengubah mood
Ketika merasa jatuh, dengan tersenyum akan memberikan sebuah motivasi dalam diri, dan tentunya akan merubah mood

2. Senyum dapat mengurangi stres 
Tidaklah jauh beda dengan yang diatas.

3. Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum
Motivasi dari tersenyum juga akan dirasakan orang lain, so mungkin makna sedekah, memberikan sebuah motivasi pula kepada orang lain.

4. Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh
Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan diri menjadi lebih rileks. 
5. Senyum menurunkan tekanan darah
Ketika Kamu tersenyum, maka tekanan darahmu akan menurun. Jika Kamu gak percaya, Kamu boleh mencobanya sendiri, jika Kamu memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah

6. Senyum mengeluarkan endorphins (pereda rasa sakit secara alami) dan serotonin
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin, pereda rasa sakit yang alami, serta serotonin. Senyum memang obat yang alami. 

7. Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat Kamu terlihat lebih muda
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat Kamu terlihat lebih muda. Jika Kamu ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyummu sepanjang hari, maka Kamu akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik. 

8. Senyum membuat Kamu tampak sukses
Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Cobalah tersenyum saat melakukan pertemuan atau janji. Rekan-rekan kerja, sahabat, orang-orang terdekatmu akan merasakan sesuatu yang berbeda dari dirimu. 

9. Senyum membuat Kamu tetap positif
Senyumlah! Lalu sekarang cobalah berpikir sesuatu yang negatif tanpa berhenti tersenyum. Sulitkan? Karena ketika Kamu tersenyum maka senyum tersebut akan mengirimkan sinyal ke tubuh Kamu bahwa “hidup Kamu saat ini baik-baik saja”.  
10. Senyum membuat kita lebih menarik
Kita akan selalu tertarik pada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum punya daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari kita , tetapi sebaliknya senyum bisa membuat mereka tertarik. 
Perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri, sebagaimana yang disebutkan oleh sahabat yang mulia, Jarir bin Abdullah al-Bajali radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melarangku untuk menemui beliau sejak aku masuk Islam, dan beliaushallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memandangku kecuali dalam keadaan tersenyum di hadapanku“ (HR al-Bukhari no. 5739 dan Muslim no. 2475).
Tak ada alasan lagi untuk tersenyum, karena telah diajarkan, memberikan banyak keutamaan, dan tentunya murah serta mudah tuk dilakukan,
So
Dunia berisi Cerita yang Indah dengan Tersenyum
Satu lagi
Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits yang lain, “Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria“ ( HR Muslim no. 2626).
Mohon maaf dan terima kasih.......


sumber :
http://www.omdading.com



2 Komentar