Alasan Ke Luar Negeri Sih Agar Lebih Mencintai Negeri Sendiri


Dapat melancong ke luar negeri menjadi harapan bagi beberapa orang.  Bisa karena alasan edukasi, alasan hiburan, alasan keluarga, alasan bisnis bahkan alasan spiritual.  Tentunya setiap orang memiliki alasan masing-masing hingga mereka memiliki impian untuk pergi ke luar negeri. Berpergian ke luar negeri ibaratnya sesuatu yang wow, wah, dan luar biasa bagi sebagian besar masyarakat kita, karena menuju ke arah sana tentunya membutuhkan banyak persiapan dan tentunya biaya yang tidak sedikit. Tergantung dengan negara tujuan dan peraturan yang berlaku (bebas visa dll).  Lifestyle disana pun akan membuat rencana bugdet akan berbeda antar negara.  

Alasan Ke Luar Negeri Sih Agar Lebih Mencintai Negeri Sendiri

Seorang pelajar yang pergi keluar negeri dengan alasan edukasi, tentunya memiliki rencana yang sangat panjang daripada pergi keluar negeri sekedar jalan-jalan atau kepentingan hiburan lainnya. Kebanyakan pelajar tersebut akan mengambil beasiswa untuk memuluskan langkahnya agar bisa merasakan hidup di negeri orang.  Mulai dari perencanaan studi, kursus bahasa, hingga pendalaman materi mengenai budaya dan style dari negera tujuan.  Saya pun bangga punya rekan yang pergi ke luar negeri dengan alasan edukasi.  Rekam jejak perjuangannya loh luar biasa, seolah membuka pandangan setiap orang berhak dan mampu untuk belajar di luar negeri.

Alasan ke luar negeri lainnya misal bisnis.  Jika alasan edukasi selama perjalanannya keluar negeri dibiayai oleh pemberi beasiswa, untuk alasan bisnis yang membiayai perjalanannya adalah kantor atau instansi terkait.  Cukup dengan mempersiapkan dokumen identitas pribadi atau paspor, segala kebutuhan selama di negeri orang seperti visa, konsumsi dan transportasi bisa diperoleh gratis dengan subsidi dari kantor.  Cuma pertanyaannya, kapan dan bagaimana agar bisa mendapatkan surat perintah perjalanan dinas keluar negerinya, hehe.

Namun, saat berada di negara orang, tentunya adaptasi akan berjalan pada masing-masing individu tersebut.  Mulai mengikuti pola dan kondisi yang ada dan mungkin sangat berbeda dengan negera sendiri.  Perlahan, tentunya akan muncul yang namanya kangen dan merasa nyaman di negeri sendiri. Well, memang banyak orang yang berangan-angan bisa hidup dan tinggal di negara lain, yang lebih maju, lebih modern, lebih tertib atau alasan lebih lainnya.  Namun jika pernah singgah dan hidup di negara lain dengan alasan-alasan yang saya ungkapkan diatas entah itu dalam singkat waktu atau lama, rasa lebih mencintai negeri sendiri sedikit tumbuh, untung-untung mekar dan berbuah hehe.
Cobain deh, awalnya sih menggebu-gebu ingin pergi keluar negeri, sesampainya disana dan merasakan kondisi disana.  Secara perlahan akan mendapatkan hal yang lebih baik pada negeri sendiri dan bersyukur lahir dan besar di Negeri ini. Kata teman saya sih, Alasan ke luar negeri sih agar lebih mencintai negeri sendiri.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
11 Mei 2017 12.33

Saya memang belum pernah ke luar negeri, tapi suami sudah. Kata dia memang enak di negeri sendiri.

Reply
avatar
Iskandar
AUTHOR
13 Mei 2017 17.01

ihir yang udah pernah ke Malaysia :P

Reply
avatar