Lebih mudah menasehati orang lain daripada diri sendiri

Manusia merupakan ciptaan sang Maha Kuasa yang luar biasa kerennya.  Manusia dilengkapi dengan akal dan hati (baca perasaan) sebagai nahkoda anggota tubuh yang lain.  Apabila sebongkah daging itu baik maka baiklah seluruh anggota badan lain dalam diri seorang manusia dan sebaliknya, jika sebongkah daging itu rusak maka rusaklah seluruh tubuh lain dan sebongkah daging itu adalah hati. Itulah pesan dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam.  Agar hati menjadi baik maka perlu suplemen dan kebiasaan yang baik pula, salah satu cara yang mungkin bisa dilakukan adalah melalui nasihat.

lebih mudah menasehati orang lain dari pada diri sendiri



Nasehat yang disampaikan merupakan koreksi dan renungan sebagai langkah perbaikan, baik revisi terhadap apa yang telah dilakukan ataupun bekal untuk aktifitas kedepan.  Nasehat yang baik tentunya akan memberikan impact baik terhadap diri seseorang, bahkan bisa merubah kebiasaan dan pola pikir ke arah yang baik pada individu tersebut.  Kacamata buram saya menangkap, nasehat itu seperti bibit buah mangga, kenapa mangga? karena saya suka mangga, banyak penjual jus mangga, dan kita berebut dengan hewan terbang saat musim panen mangga.

Tidak semua bibit mangga dapat tumbuh baik dan cepat berbuah, tergantung lahannya, petaninya, metoda tanamnya, iklimnya, dan faktor internal serta eksternal lain.  Mudah bagi nasehat tumbuh di personal yang mudah menerima nasehat, berbeda jika ditanam di media tanam berbatu keras.  Mudah pula bagi nasehat untuk berbuah jika petaninya memiliki cara efektif dalam menanam pohon mangga, mengerjakan secara lemah lembut dan ikhlas.  Nasehat juga mudah untuk berkembang jika ditanam di lahan subur, kebun mangga misal, yang banyak ditemukan pohon mangga disekitarnya.

Nah, satu hal yang masih cukup meragukanku, kenapa lebih mudah menanam bibit pohon mangga di lahan milik orang lain daripada lahan diri sendiri?  Kadang ditemui personal yang sering memberikan nasehat (baca petani bibit) namun tinggal di lereng bebatuan, yang sulit untuk ditanam bibit pohon mangga di lahan pribadinya! termasuk diriku.

Baiknya sih.. sebelum menanam bibit di ladang lain, sudah mencoba menanam bibit pohon mangga di ladang sendiri dahulu. Biar ada pengalaman atau gag asal coba-coba.  Namun, hal tersebut semoga tidak menjadikan hambatan untuk menunda menanam bibit di ladang lain, karena tiap bibit punya karakteristik tersendiri, kecocokan tersendiri, kesulitan tersediri di masing-masing lahan. Enaknya sih, terus saja menanam bibit karena tidak tahu pohon mana yang akan berbuah terlebih dahulu, akan jadi tamparan keras untuk memperbaiki ladang sendiri. #introspeksi
shallallahu ‘alaihi wa sallam

Sumber : https://rumaysho.com/3028-jika-hati-baik.htmlS
shallallahu ‘alaihi wa sallam

Sumber : https://rumaysho.com/3028-jika-hati-baik.html
shallallahu ‘alaihi wa sallam

Sumber : https://rumaysho.com/3028-jika-hati-baik.html
Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Evrinasp
AUTHOR
24 September 2017 14.36

Betul banget, giliran melaksanakan sendiri belum tentu bisa ya

Reply
avatar