Did You Know? Negeri Laskar Pelangi


Selamat datang di negeri laskar pelangi, begitu tertulis di Bandara Hanandjoeddin di Ibukota Kabupaten Belitung, Tanjung Pandan. Negeri laskar pelangi ini memang banyak menjanjikan keindahan alamnya.

Laskar pelangi, merupakan sebuah karya dari Andrea Hirata, seorang novelis.  Apabila menonton film laskar pelangi maka akan disuguhkan sebuah panorama pantai yang luar biasa.  Pantai itu adalah Pantai Ujung Tinggi, Partai Ujung tinggi yang dikenal dengan pemandangan aduhai setumpuk batu berukuran raksasa.



Namun pesona Kepulauan bangka belitung tidaklah berhenti disana.  Misalnya:

Pantai Tanjuang Kalayang


Pantai Matras




Kepulauan timah mempunyai 470 pulau, dan hanya 50 pulau yang dihuni.  Oleh karenanya Kepulauan ini masih memiliki berbagai keindahan yang mungkin belum terjamah tangan manusia.  Di kelilingi oleh Selat Bangka, Selat Gaspar, Selat Karimata, Laut Cina Selatan dan Laut Jawa membuat ketenangan akan ombak di sana.  Mengenai cuaca dan iklimnyanya tahun 2007 kelembaban udara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 77,4 % sampai dengan 87,3 % dengan rata-rata perbulan mencapai 83,1 %, dengan curah hujan antara 58,3 mm sampai dengan 476,3 mm dan tekanan udara selama tahun 2007 sekitar 1.010,1 MBS. Rata-rata suhu udara selama tahun 2007 di provinsi ini mencapai 26,7 oC dengan rata-rata suhu udara maksimum 29,9 oC dan rata-rata suhu udara minimum 24,9 oC. Suhu udara maksimum tertinggi terjadi pada Bulan Oktober dengan suhu udara 31,7 oC, sedangkan untuk suhu udara minimum terendah terjadi pada Bulan Februari dan Maret dengan suhu udara sebesar 23,2 oC.  Sungguh temapat yang tepat untuk berjemur :D

1 Komentar