Saat Muncul Ide, Mulailah dengan mencatat!

"Kalender pun telah berganti,
 dan tidak terasa sudah beberapa minggu belalu,
 Tanpa adanya sebuah post di blog ini,
 Sedih! pastinya,
Namun ada sebuah hikmah dibalik cerita,
Betapa pentingnya arti kata MENCATAT,
diantara ide yang tumbuh liar dalam fikiran!"

Keterlambatan saya membuat post dalam beberapa pekan dikarenakan beberapa sebab, pertama adalah libur akhir tahun yang sangat panjang dan memaksaku hidup di lokasi yang jauh dari internet cepat!  Beberapa kesempatan lalu muncul sebuah trend pertanyaan, "Internet cepat buat apa?", jawabannya untuk membuat post baru di blog, Pak!  Internet yang lambat membuat mood turun drastis, menunggu loading Blogger saja memunculkan hasrat untuk menunda menerbitkan post baru. Internet yang lambat pun menghambat aktifitas blogwalking dan mencari bahan baru.  Praktis, internet lambat menghambat aktifitas nge-blog saya!

Faktor kedua dari keterlambatan tersebut adalah saya tidak mencatat ide yang muncul saat libur akhir tahun!  Sebelum balik ke Surabaya, saat bersantai di rumah dan pada waktu yang tak terduga muncul beberapa ide untuk membuat post baru, bahkan ada empat hingga lima ide.  Lumayanlah untuk mengisi jadwal post baru pada bulan januari.  Namun naasnya, ide-ide itu hilang diantara macetnya perjalanan arus balik menuju Surabaya.  Beberapa kesempatan saya gunakan untuk mengingat ide kenangan itu dan hasilnya nihil, yang ada malah munculnya ide-ide baru.  Tidak mau seperti keledai yang terperosok pada lubang yang sama untuk kedua kalinya! maka ide baru tersebut saya catat di handphone dan post ini merupakan salah satu hasilnya, hehe.

Ide memang ada kalanya muncul disaat yang tidak terduga-duga!  Seolah membuktikan janji dari Tuhan bahwa Dia akan menurunkan rezeki dari arah yang tidak terduga kepada hambanya, asal hambanya mau beristiqomah dan berjuang, hehe.   Saat di dalam kamar mandi misalnya atau saat berbaring santai sebelum beranjak kedalam alam mimpi, ataupun kondisi lainnya dimana setiap orang memiliki caranya masing-masing.  Ide juga dapat diperoleh dari kegiatan diskusi dan brainstrorming. Nah, karena munculnya tiba-tiba dan tidak terduga, ketersediaan note dimanapun dan kapanpun sangat dibutuhkan.  Kita pahamkan bahwa manusia itu tempatnya salah dan lupa, seperti yang saya alami sebelumnya.  Handphone atau gadget sejenisnya pun bisa dijadikan note.  Tidak ada salahnya membawa gadget saat berada di kamar mandi untuk mengantisipasi ide gila yang tersapu oleh air.

Beberapa blogger yang saya kenal juga melalukan hal mencatat ini.  Mencatat setiap ide yang muncul seolah menjadi kunci konsisten mereka dalam memperbarui post.  Ada yang mencatat idenya lewat cloud service macam Evernote, ada yang langsung disusun dalam draft, ada yang membuat dulu lewat aplikasi office, dan lain-lainnya.  Mencatat ide atau judul beserta poin-poinnya pada handphone sebelum saya susun di new post adalah metoda yang saya gunakan, kalau kamu?

Sumber gambar: website kesekolah[dot]com

17 Komentar

  1. Catat semuanya dit :D
    Jika sekarang tak sempat, semoga lain kali bisa disempatkan.
    Suwun infonya

    BalasHapus
  2. Yup, ide diikat dulu agar tidak 'terbang' lagi :-bd

    BalasHapus
  3. Saya pagai Everynote :D sudah 7 Bulan belakangan ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bung irwin, asal gag lupa akun sama passwordnya aman kog

      Hapus
  4. Kalo udah dicatat..nanti minta kopinya ya buat contekan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau saya catat di hp mas, makasih dah mampir, mampir lagi ya

      Hapus
  5. kalo aku dit, catat di media mana saja :D
    entar bakal keinget sendiri
    bahkan aku pernah mencatat di bungkus makanan waktu di kereta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini nih, bisa buat cerita mas, pengalaman mencatat di bungkus makanan

      Hapus
  6. Tapi kadang abis dicatat.. Trus ngilang ditengah jalan kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. catatannya lebih baik disatukan, misal ditempel di kulkas

      Hapus
  7. hampir setiap hari membawa buku catatan, enak menulis sih biar awet di pikiran, kalau ketik di hape suka lupa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, sayang gag semua waktu punya semangat untuk membuka buku dan menulis

      Hapus
  8. Kalo gue sih langsung dituangin ke dalam bentuk tulisan. Itu kalo lagi deket dengan koneksi internet. Kalo lagi jauh, gak punya akses internet, lagi gak mood buat nulis pake tangan, gak bawa hp, gue coba-coba gunain ingatan. sesekali ingatan juga perlu dilatih, kan? Hehehe

    BalasHapus
  9. you're right...saya pun memulai segalanya dengan catatan singkat :)

    BalasHapus
  10. artikel dan web yang sangat bagus, dan bisa jadi pengetahuan, dan di perbanyak lagi artikel-artikelnya, agar banyak juga yang berkunjung kesini..

    BalasHapus