Yuk, Berkunjung ke Museum MACAN, Objek Wisata Baru di Jakarta


Jika memiliki kesempatan, apa objek wisata yang ingin Anda kunjungi saat berlibur ke Jakarta? Sebagian orang mungkin akan menyebut Taman Impian Jaya Ancol, MONAS, atau Kota Tua, dan sebagainya. Namun, selain beberapa destinasi yang populer tersebut, kini ada sebuah tempat wisata baru yang bisa dieksplorasi di Jakarta, yaitu Museum MACAN.
Apa itu Museum MACAN? MACAN adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini berlokasi di AKR Tower Level MM Jl. Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Para pengunjung bisa masuk ke Museum MACAN setiap Selasa hingga Minggu pada 10.00–20.00 WIB.

Cara Berkunjung

yarif pengalaman sharing pengetahuan

Source : genmuda
Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Museum MACAN, ada 3 jenis tiket yang tersedia. Pertama, tiket untuk orang dewasa dengan harga Rp100.000. Tiket untuk anak-anak dengan harga Rp80.000. Tiket untuk pelajar atau lansia dengan harga Rp90.000.
Cara untuk mendapatkan tiket ini adalah dengan membeli langsung di konter museum atau membeli secara online. Tersedia pula diskon khusus apabila tiket dibeli dalam jumlah banyak atau secara berkelompok. Untuk mendapatkan diskon tersebut, Anda bisa langsung menghubungi info@museummacan.org.
Untuk menuju Museum MACAN, ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Jika memilih transportasi umum, Anda bisa menggunakan Transjakarta 8 Kebun Jeruk, KWK 03 Pinggiran Tol, terminal Kebun Jeruk. Jika menggunakan kendaraan pribadi, masuklah dari gerbang tol Kebun Jeruk 1.
Anda juga bisa menggunakan kereta api, mulai dari Stasiun Pesing, Stasiun Taman Kota, atau Stasiun Palmerah. Jaraknya sekitar 25 menit perjalanan. Sementara itu, jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa melewati Jl. Panjang dan Jl. Perjuangan. Tak perlu khawatir, tersedia area parkir yang cukup luas, baik untuk mobil maupun motor.
Museum MACAN terbagi atas beberapa area, yaitu bagian Tiket dan Informasi, area umum, Children Art Space, Sculpture Garden, Exhibition Area, dan Museum Shop. Sementara itu, tersedia juga fasilitas pendukung yang cukup lengkap, seperti toilet, nursing room, first aid room, dan cloakroom. Museum ini sendiri sangat ramah terhadap pengguna kursi roda.

Aturan Berkunjung ke Museum MACAN

yarif pengalaman pengetahuan

Source : tripcanvas
Jika Anda ingin berkunjung ke Museum MACAN, ada beberapa aturan yang perlu diketahui. Pertama, pengunjung harus dapat menunjukkan tiket di beberapa titik tertentu, khususnya di area Exhibition. Para pengunjung juga tidak diperkenankan untuk menyentuh karya seni yang dipajang di seluruh area museum. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan karya seni rusak.
Untuk kenyamanan bersama, berbicaralah secara perlahan. Pada ponsel, usahakan untuk menggunakan silent mode. Hindari menelepon dengan suara keras di dalam area galeri. Begitu pula ketika berjalan, lakukan dengan santai dan tenang. Jangan berlari atau bahkan menggunakan sepatu roda di dalam museum.
Pengunjung juga tidak diperkenankan untuk makan dan minum di dalam galeri. Tersedia kafe bagi yang ingin nongkrong sejenak sambil mengisi perut. Jika Anda ingin mengabadikan karya seni, gunakan kamera smartphone. Kamera jenis lain tidak diizinkan.
Museum MACAN memiliki banyak hal yang menarik untuk dieksplorasi. Karya-karya seni yang indah koleksi Haryanto Adikoesoemo, pemilik galeri, dari berbagai negara akan dapat dinikmati di sini. Jadi, tunggu apa lagi, segera masukkan objek wisata yang satu ini dalam daftar tempat yang akan dikunjungi.
Jika Anda berasal dari luar kota atau luar pulau, manfaatkanlah promo tiket pesawat Garuda dari Airy. Selain lebih mudah, harganya juga pasti lebih murah loh. Selamat berlibur!

0 Komentar