Belajar dengan film 3 idiot




Film ini tidaklah membuatku jenuh walau telah berulang kali menontonnya, selain jalan ceritanya, motivasinya pula yang membuka mata dan hati untuk mengikuti setiap detik-detiknya.

Beberapa motivasi-motivasi dalam film tersebut,

"Follow excellent then money will follow you",

intinya jangan bercita-cita untuk menjadi sukses terutama dalam hal materi, tetapi jadilah yang terbaik, miliki hal yang lebih berharga dan berguna dari sekedar materi, bisa dibilang itu adalah ilmu,
sering kita berorientasi dalam sekolah atau kuliah yakni nilai, mulai dari SD, yang kita cari adalah nilai, yang menjadi kriteria adalah nilai, yang menjadi pembanding adalah nilai dsb, tapi memang sulit menilai tanpa adanya nilai, ya itulah pekerjaan rumah kita, mengubah suatu pola pemikiran dan memberikan solusi yang lebih solutif.

"Make your passion as your profession",

memang agak susah menjadikan keinginan sebagai pekerjaan, tapi yang nantinya kita dapatkan adalah kebahagiaan, dimana kita melakukan pekerjaan itu adalah hobby, lebih merasuk dan optimal dalam pekerjaan tersebut. orientasinya bukan seberapa besar gaji/tingkatan dari pekerjaan nantinya kita lakukan, tapi seberapa besar kebahagiaan yang kita peroleh dari pekerjaan tersebut, Ingat! Kebahagiaan lebih berharga dari sebuah materi yang hanya bersifat sementara!

"All izz well" (all is well)

segala sesuatunya akan baik-baik saja, Tuhan telah merencanakan yang terbaik bagi makhluknya, "Sesungguhnya dibalik kesusahan ada kemudahan"

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.... " (QS Al-Baqarah : 286)

pernah suatu ketika Rancho ditanya, "apakah dengan mengucapkan aal izz well akan menyelesaikan masalah?" lalu Rancho pun menjawab, "Tidak. Tapi setidaknya kekuatan untuk bertahan di hati kita akan muncul"

di akhir "Anak-anak! Berfikirlah efisisien maka kesuksesan ada dibelakangmu"

memang ijazah adalah adalah hal yang sangat penting, tapi apa yang diceritakan dalam film ini, sebuah ketidak butuhan akan ijazah, dan hasilnya luar biasa 400 hak paten sebagai ilmuwan yang terkenal. memang hanya sebuah film, namun biala benar-benar terjadi, maka tidak akan ada kata ijazah palsu dll.

3 idiots tampil dengan tokoh berbagai macam agama, yang dituduh akan terlupakan dalam setahun berkuliah, tapi kemudian membuat pernyataan :"tak perlu meminta macam-macam dalam doa, cukup berterima kasih kepada Tuhan karena hidup saja merupakan anugerah terindah"


sumber : berbagai web di internet dengan lumayan banyak perubahan
Previous
Next Post »