Menilik Peran Penting Mainan Lego Bagi Pertumbuhan Anak yang Akan Membuat Anda Takjub

Akan sangat kompleks jika harus berbicara mengenai permainan anak-anak, seperti yang diketahui bahwa dunia anak adalah salah satunya bermain. Dengan beragam permainan yang diciptakan oleh produsen ternyata tidak sedikit diantaranya mempunyai manfaat yang begitu besar terhadap tumbuh kembang si kecil. Misalnya saja mainan lego original berkualitas yang berasal dari Denmark tersebut sangat populer dengan berbagai manfaat penting didalamnya. Jika dilihat memang hanya sekedar mainan berbentuk balok berwarna-warni yang dapat dibentuk dengan berbagai kreasi. Nah, cara memainkannya itulah yang dapat melatih otak anak supaya lebih terampil dan cerdas.
  
yarif.com lego brick

Sebagai orang tua yang mempunyai anak tubuh dengan cerdas, aktif dan terampil pasti suatu kebanggaan tersendiri. Nah, salah satu usaha untuk mewujudkan hal itu adalah dengan memberikan berbagai mainan edukasi yang tepat dan sesuai pada umurnya. Lego sendiri adalah pilihan yang tepat, apalagi sangat fleksibel karena bisa digunakan dari mulai anak-anak sampai dengan dewasa. Manfaat yang bisa didapatkan pun banyak sekali, antara lain:

1. Melatih mengenal warna, bentuk dan ukuran.
Lego diciptakan dengan berbagai ukuran, warna, dan model yang berbeda-beda. Anda bisa mengajarkan kepada anak mengenai warna apa saja yang ada pada alat main tersebut, selanjutnya ajarkan juga mengenai berbagai bentuk yang bisa dibuat dan tes anak untuk mengkreasikan dengan bentuk yang lain.

2. Meningkatkan motorik halus.
Dalam tumbuh kembang si kecil, motorik halus mempunyai peran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan menggambar dan juga menulis ketika masuk sekolah. Nah, peningkatan itu bisa dibantu dengan menggunakan mainan yang memberikan pendidikan yang baik seperti lego. Kemampuan untuk membongkar dan memasang kembali lego melatih mata, tangan dan pikiran anak bekerjasama dengan baik.

3. Mengembangkan imajinasi.
Kreativitas anak akan terus meningkat sering rajinnya si kecil membuat beragam bentuk dan model bangunan ataupun item dari mainan lego yang dimilikinya. Sebagai orang tua berikan dorongan dengan pujian kepada anak yang telah berhasil membuat sesuatu. Dengan begitu anak akan lebih termotivasi dan ingin menciptakan hal yang baru lagi.

4. Kemampuan problem solving.
Imajinasi yang tinggi akan mendorong anak untuk memecahkan masalah supaya dapat mewujudkan impiannya. Misalnya saja anak menginginkan untuk membuat gedung bertingkat dari lego. Secara otomatis si kecil harus memikirkan prosesnya pembuatannya sampai dengan akhir. Nah, kegiatan dan pemikiran seperti itulah yang membuat kemampuan pemecahan masalahnya bisa terselesaikan dengan baik.

5. Peningkatan kerjasama dan bersosialisasi.
Sebuah kerjasama yang baik akan tercipta melalui komunikasi yang baik, hal ini bisa didapatkan ketika anak menemukan teman saat bermain lego bersama. Meningkatkan kemampuannya berbicara dengan orang lain, mengemukakan pendapat atau ide dan juga mengajak melakukan sebuah kerjasama supaya dapat mewujudkan ide yang diinginkan.

6. Memperluas pengetahuan.
Berbagai bentuk yang dihasilkan oleh anak pasti akan menimbulkan pertanyaan kepada anak, benda apa, fungsi untuk apa dan bisa juga membuatnya bermimpi dimasa depannya.

Pada dasarnya sebuah mainan pasti mempunyai manfaat sendiri-sendiri untuk perkembangan seorang anak. Tetapi pada kenyataannya banyak juga mainan yang bisa membuat anak terancam bahayanya, keselamatannya dan lain sebagainya. Maka dari itu sebagai orang tua tetap harus dampingi dan beri bimbingan mengenai mana mainan yang bermanfaat dan mana yang kurang bermanfaat. Itulah sedikit informasi mengenai manfaat dari mainan lego untuk anak. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membelikan untuk si kecil?

Previous
Next Post »