Image Post Tidak Muncul di Link Preview

Jika Anda mencoba share link post dari blog Anda di media sosial namun gambar dari post blog tersebut tidak muncul sebagai preview, maka Anda perlu curiga terhadap template blog yang Anda gunakan!  Share link post di media sosial merupakan salah satu cara agar blog kita semakin sering dikunjungi netizen lain. Teman Anda akan mendapati link post yang telah diunggah beserta preview post tersebut pada timeline-nya.  Pada umumnya preview terdiri dari judul, deskripsi post (deskripsi ini juga bisa  berupa deskripsi blog, tergantung setting yang telah diatur oleh si empunya blog), dan image yang terkandung pada post.  Tujuan adanya preview adalah untuk memberikan gambaran singkat dari link yang telah diunggah.  Jadi teman Anda akan sedikit tahu mengenai isi dari link itu.  Jika mereka tertarik! maka akan tidak segan untuk mampir ke blog Anda.

Media sosial pada umumnya mendapatkan informasi judul, deskripsi dan gambar dari meta tag yang sering ditemukan pada bagian header.  Template blog pada umumnya disertai dengan meta tag ini karena sudah pakemnya.  Jika Anda mengamati source code template blog maka pada bagian meta tag terlihat kosong.  Namun saat ada link yang merujuk pada suatu post atau halaman atau bagian lain dari blog tersebut, maka meta tag tersebut akan memiliki isi, hehe ajaib bukan!  Kita coba tinggalkan permasalahan siapa dan bagaimana meta tag tersebut bisa terisi, yang terpenting bagi Anda adalah memastikan meta tag ada pada template blog Anda.  Karena preview link diambil dari meta tag, kadang kita menemukan halaman website yang preview dan isi sebenarnya berbeda.  Preview yang sangat menarik, namun saat halaman website tersebut dikunjungi ternyata isinya promosi hehe!

Diluar meta tag tadi, saya cukup heran kenapa image post dari blog saya tidak muncul.  Permasalahan ini muncul saat mulai berkutat dengan blog lagi, maklumlah sudah bertahun-tahun tidak mengaktifkan blog ini.  Saat itu ada keinginan memakai template yang unik, yang lain dari pada yang lain, yakni menggunakan template Dynamic Views yang telah disediakan oleh blogger.  Nah saat itu saya memilih yang versi majalah, post akan ditampilkan dengan pop-up modal, seperti ini

 Beberapa link post yang saya unggah ke media sosial ternyata tidak menampilkan image postnya.  Sebagai langkah awal cumback di dunia perblog-an hal ini cukup menjengkelkan.  Untungnya, seorang teman blogger memberikan saran untuk mengubah template blog menjadi seperti biasanya.  Alhasil beberapa link yang sebelumnya tidak menampilkan image akhirnya teratasi.

Nah oleh karenanya, jika menemukan permasalahan yang sama, cobalah untuk mengganti template blog Anda.  Jangan lupa memback-up agar riset yang kita jalani tidak memberikan efek penyesalan.  Tetap tenang dan coba sharing dengan blogger lain, karena di luar sana ada ratusan blogger dengan baik hati siap membantu kita.




4 Komentar