Kenali Tanaman Pengusir Nyamuk

Nyamuk merupakan serangga yang cukup mengganggu. Selain menimbulkan bentol-bentol, gatal maupun kemerahan. Nyamuk juga dapat membawa penyakit yang berbahaya misal demam berdarah dan malaria. Kita sering menggunakan obat semprot atau bakar berbahan kimia untuk membunuh atau mengusir nyamuk. Tapi akan ada efek sampingnya, misalnya pusing atau gangguan pernafasan. Nah keberadaan tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi solusi dari permasalahan diatas.

1. Lavender

Tanaman ini sering kita jumpai sebagai aroma pada obat semprot pengusir nyamuk. Selain itu bunga lavender digunakan sebagai aroma terapi. Bunga lavender berbentuk semak atau pohon dan memiliki bunga berwarna ungu. Tanaman ini biasanya ditanam pada ketinggian 500 hingga 1300 mdpl. Tanaman lavender mengandung linalool dan lynalyl asetat yang berguna untuk mengusir nyamuk. Tingkat kualitas minyak yang dihasilkan tanaman ini sebanding dengan ketinggian lokasi penanaman. Jadi semakin tinggi semakin bagus. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman yang mengandung bahan antiseptik dan antijamur.

tanaman pengusir nyamuk


Tanaman lavender ini bagusnya ditanam dekat jendela atau pintu, atau lokasi aliran udara masuk ke rumah. Cocok juga dijadikan tanaman hias dengan ditanam pada pot-pot kecil


2. Serai wangi

Tanaman satu ini sering dimanfaatkan sebagai penyedap makanan. Namun tanaman ini punya fungsi lain sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung zat geraniol yang dapat mengusir nyamuk. Bahkan kandungan zat sitronnellol didalamnya dapat membunuh nyamuk. Tidak heran apabila tanaman ini menjadi bahan dasar lotion anti nyamuk dan lilin aromaterapi.

Keunggulan tanaman ini adalah dia mampu hidup diberbagai iklim dan jenis tanah. Tentunya akan sangat mudah ditanam di area perkarangan rumah. Bisa ditanam dalam pot maupun langsung di tanah. 


3. Rosemary

Bau yang dihasilkan tanaman rosemary ini mampu nyamuk pusing dan kehilangan kendali alat inderanya. Aromanya seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Tanaman rosemary ini tahan terhadap intensitas sinar matahari yang cukup tinggi. Sehingga tanaman ini cocok dibudidayakan di indonesia. Rosemary ini tergolong tanaman yg memiliki bunga dan bentuk yang indah, cocok dijadikan tanaman indoor atau ditanam dalam pot. Rosemary dewasa memiliki karakteristik tegak dengan tinggi 80 hingga 100 cm sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pagar hidup di rumah Anda.


4. Lemon Balm

Aroma lemon yang dihasilkan tanaman lemon balm tentunya tidak disukai nyamuk. Namun aroma yang dihasilkannya menyegarkan bagi manusia. Selain itu nektar yang dihasilkannya menjadi daya tarik bagi kupu-kupu. Indah bukan apabila ada di taman rumah kita? Kandungan zat sitronnellol juga tidak disukai olej nyamuk, sama halnya pada serai wangi. Jangan lupa bagian daunnya yang cukup beraroma dan dapat digunakan sebagai penyedap masakan


5. Tanaman Zodia

Tanaman ini mungkin sedikit asing di telinga kita. Zodia ini merupakan tanaman endemik asal Papua dan sudah banyak dibudidayakan saat ini. Tanaman ini kerap digunakan oleh masyarakat papua sebelum masuk ke hutan. Biasanya mereka menggosokkan tanaman ini pada tubuh mereka. Namun jangan khawatir Anda akan sulit mendapatkan tanaman ini karena sudah dibudidayakan di pulau Jawa. Khasiat lain dari zodia adalah hanya dengan mengusap tanaman ini pada area yang bentol atau gatal bekas gigitan nyamuk dapat lenyap.


6. Geranium

Tanaman ini bisa dibilang primadona sebagai tanaman pengusir nyamuk, menciptakan aroma yang harum dan menyejukkan pandangan mata. Tumbuhan ini dapat menumbuhkan daun berwarna merah muda yang indah. Tanaman yang mini dan bunga yang menawan. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung giraniol dan sitronelol yang tidak disukai oleh nyamuk.

0 Komentar